21 September 2008

COPAS ABIS: MENINGKATKAN HIT VS KUNJUNGAN BALASAN

Tau donk istilah copas alias copy paste.
Pernah mengalami artikel atau postingan milik anda di-copas ama blogger lain?

Copy paste sah-sah aja sepanjang tetap mencantumkan link sumber.
Pencantuman link sumber merupakan bentuk penghargaan kepada pembuat artikel tersebut.

Beberapa postingan blog Tukeranlink di post ulang oleh blogger lain.
Ada yang mencantumkan link sumber ke postingan aslinya.
Ini sungguh sangat saya hargai.
Thank's banget.

Dan ada yang tidak mencantumkan link ke postingan sumber.

Untuk tipe yang kedua sebenarnya saya tidak terlalu mempermasalahkan.
Saya sangat senang jika postingan saya ada manfaatnya bagi blogger yang lain.
Yang bikin sakit hati adalah saat saya saya Googling dengan kata kunci yang saya inginkan, justru postingan saya yang dicopas abis (kecuali judulnya) kemudian bertengger di halaman utama pencarian.
weleh-weleh....

Keyword yang saya maksud adalah Meningkatkan Hit.
Googling dengan kata kunci tersebut menampilkan hasil seperti gambar berikut :



Lumayan kan? Posisi 2 di halaman depan pencarian.

Artikel yang di-copas abis ama admin blog Tukar Links (http://tukarlinks.blogspot.com/) tersebut merupakan postingan saya dengan judul Kunjungan Balasan yang sudah saya posting sejak 31 Mei 2007.
Bandingkan 2 gambar berikut :






Yang di atas postingan Meningkatkan Hit dengan url http://tukarlinks.blogspot.com/2008/09/meningkatkan-hit.html
Di bawahnya postingan saya berjudul Kunjungan Balasan dengan url http://tukeranlink.blogspot.com/2007/05/kunjungan-balasan.html

Meningkatkan Hit merupakan salah satu tag atau label dalam blog Tukeranlink.
Bila keyword yang ingin saya menangkan dalam search engine tersebut kemudian disalib orang lain dengan memakai postingan saya sendiri tentu bikin kepala saya nyut-nyutan.

Apakah anda merasa heran jika dalam postingan ini saya tidak memberikan satu tautan pun ke blog Tukar Links (http://tukarlinks.blogspot.com/)?
Benar. Saya hanya mencantumkan url-nya saja.
Sehingga mungkin anda akan ribet juga jika ingin membuktikan kebenaran dari postingan ini.

Ini memang saya sengaja.
Yang beginian rugi banget kalo dikasi link.
Sebab kalo saya kasih link, justru Google bakal menganggap blog tersebut berikut postingan didalamnya penting.
Padahal saya justru sedang mempersiapkan langkah untuk memutarbalik keadaan.

22 komentar:

  1. Kalo comment di sini meningkaatkan PR ga ya??
    HIT?

    BalasHapus
  2. Sabar aja mas, kuatin SEO-nya aja biar artikel mas bisa nengger di posisi puncak lagi :D Saranku sih kuatin backlink dari situs2 iklan baris gratisan dan situs2 social bookmark ^.^

    BalasHapus
  3. Kalo cuma asal copas, sebenernya percuma, peringkat dia di google tetep gak bisa ngalahin yg asli.
    Ini pengalamanku sih. Meskipun banyak yg copas dari blogku, tapi mereka kan asal copas, biasanya blogger pemula page rank dan alexanya pun masih rendah, jadi kepercayaan dari google pada mereka juga rendah.

    BalasHapus
  4. #indungg : comment di sini gak meningkatkan PR. Soalnya no follow.
    #ardian : akan saya coba ikut iklan gratisan. Thank's.
    #rosyidi : Makasih Mas. Jadi makin semnagat nih.

    BalasHapus
  5. buat saya yang penting meninggalkan jejak, yaitu pencantuman link plus ngabarin ataw ijin ke yang di copas.

    BalasHapus
  6. kalo saya sih yang penting orang tau blog saya ada. kerjasampinganaja.blogsome.com
    ada penawaran menarik disana buat blogger yang punya masalah dengan bahasa inggris

    BalasHapus
  7. salam kenal
    membahasa copas memang menarik, karena sudah menjadi permasalahan yang klasik dan berulang. Kadang mau trafiknya naik tapi gak mau susah, namun ada juga saking menariknya tulisan/artikel sehingga di copas. Apapun alasannya, bahwa ketika kita mengutip atau bahkan kopi pasti full artikel harus mencantumkan penulis dan link sumbernya. Itu pendapat saya.

    salam
    http://kaka-karisna.blogspot.com

    BalasHapus
  8. kayaknya itu sudah melanggar hak cipta bang, copas kan sama saja pembajakan :)

    BalasHapus
  9. Mas mosting lagi dung di sini

    BalasHapus
  10. Itulah salah satu resiko dalam dunia blog nge-blog,hehehehe...


    salam kenal dari - s L i K e R s -

    BalasHapus
  11. tak kirain ngisi komen disini bisa ningkatin PR ^_^

    BalasHapus
  12. Ikutan ah, biar page rank nya juga nambah :).. salam kenal

    BalasHapus
  13. yah begitu lah.. namanya juga persaingan seo.. bete sih bete tapi kan.. internet.. theres no rules afterall .. :)

    BalasHapus
  14. link anda sdh saya psg mas. silahkan pasang link saya yah kutunggu. :)

    http://motivasi-arif.blogspot.com

    BalasHapus
  15. artikel saya juga pernah dicopas ky gt, tapi untungnya tetep -alhamdulillah- punyaku di halaman utama, di atas yg copas..

    BalasHapus
  16. Copas tidak melanggar hak cipta, yang melanggar justru yang nyembunyiin nama sumbernya. Sepanjang mencantumkan nama pemilik sah, copy paste tidak melanggar hak cipta. Enjoy saja kan.
    from : ERIX
    http://kawanua-law.blogspot.com

    BalasHapus
  17. http://herba-therapy.blogspot.com/ sudah ada di halaman 1 SE GOOGLE untuk tag TUKAR LINK. Siapa mau tukar link lagi???

    BalasHapus
  18. mudah2an blog ini dofollow...jadi bisa nambah backlink...tuker link ayok ah bos..

    BalasHapus
  19. Salam Kenal mas, btw gimana caranya membuat blog kita agar bisa DO FOLLOW?

    Temukan Cara Menjadi Sukses Luar Biasa Disini

    BalasHapus
  20. Tukar link, selain bisa meningkatkan traffic juga k-lo ikhlas menolong orang lain bisa dapet pahala lhoo......!

    BalasHapus
  21. Jadi kita sesama blogger harus saling mendukung blogger lain, jangan pengin menang sendiri.... betul ga'?

    BalasHapus