02 Februari 2009

Perlukah Submit URL?


Beberapa blogger menyarankan submit url bagi blog-blog baru.
Setidaknya ke search engine utama semisal Google dan Yahoo.
Penting dan efektifkah?

Submit URL memang perlu untuk optimalisasi search engine, tapi bukan hal mutlak.
Blog pribadi saya (http://irfanfauzi.blogspot.com - saat ini saya tutup sementara) pernah mendapat pagerank 4 dalam waktu 2 bulan sejak blog tersebut saya buat. Dengan hanya 5 buah posting dan 6 buah backlink.

Posting perdana tgl. 21 Agustus 2007.
Dan mendapat pagerank 4 di awal bulan Oktober 2007.
Tanpa submit URL kemanapun.
Persisnya hanya butuh satu setengah bulan saja dari pagerank 0 menjadi pagerank 4.

Mungkin bagi blogger master hal ini biasa saja. Tapi bagi saya hal tersebut sungguh luar biasa.

Saya tidak melakukan apa-apa selain melakukan blogwalking ke beberapa blog serta mengenalkan blog tersebut di Tukeranlink.

Mungkin saja dugaan saya bahwa Blogspot lebih Google Friendly ada benarnya.
So, bagi yang ngeblog di layanan blogger.com gak perlu submit kemanapun, sebab Google pasti membantu agar blog anda terkenal.

Ini bukan anjuran loh. Ini cuma sekedar meluruskan agar jangan terlalu memaksakan diri menghabiskan waktu submit URL ke banyak search engine dan direktori. Pilihlah beberapa yang memang sangat perlu saja semisal Google dan Yahoo.
Altavista, MSN dan yang lain bolehlah untuk diabaikan.

1 komentar:

  1. "Saya tidak melakukan apa-apa selain melakukan blogwalking ke beberapa blog serta mengenalkan blog tersebut di Tukeranlink."

    Serem amat... PR4 1 1/2 bulan... Dahsyat, ajarin dong :D

    BalasHapus