03 Februari 2009

Tukeran Link dan Kenaikan Pagerank


"Saya udah melakukan tuker link sebanyak-banyaknya. Kok pagerank blog saya masih nol?"
Pernah menjumpai pertanyaan mirip di atas?
Saya cukup sering. Saat bertandang ke blog lain (blogwalking), kadang masih ada blogger yang menanyakan hal tersebut.

Masih banyak juga yang kurang memahami bahwa Google melakukan update pagerank tidak setiap waktu. Kadang 2 bulan sekali, kadang sebulan 2 kali, atau malah 2 bulan sekali. Ini merupakan "urusan dalam negeri"-nya Google. Biasanya selain rutinitas, juga dipengaruhi hal-hal lain seperti perubahan algoritma.

Bagi anda yang belum memperoleh pagerank (termasuk blog Tukang Nge-Link ini) jangan cepat berkecil hati bila masih pagerank nol. Cuma masalah waktu. Kelak pagerank Anda akan naik juga.

Keberuntungan bisa saja terjadi. Misalnya yang pernah di alami blog pribadi saya. Saya membuat blog tersebut di akhir Agustus dan meraih pagerank 4 di awal Oktober 2007. Cuma dalam waktu 1,5 bulan dari pagerank 0 langsung menjadi 4.
Bagi saya ini keberuntungan, sebab blog Tukeranlink yang memulai debut pada Mei 2007 juga memperoleh pagerank 4 pada bulan Oktober 2007. Tukeranlink meraih pagerank 4 setelah 5 bulan dan 2 kali Google melakukan update pagerank.

Boleh jadi nantinya Anda lebih beruntung.
Misalnya saja anda membuat blog hari ini dan melakukan berbagai trik SEO. 2 minggu kemudian secara kebetulan Google melakukan update pagerank. Maka meroketlah pagerank Anda dari nol mungkin menjadi 5 misalnya.

So, kesimpulannya, mengenai kenaikan pagerank cuma masalah waktu aja kok.


17 komentar:

  1. Subhanallahh... luar biasa bapak ini... saya jadi semangat :D

    Btw... terima kasih banyak atas dukungan back link nya disitus-situs bapak :)...

    salut dengan link in situs ini... bisa sampai ratusan ribu... bagaimana caranya pak?

    BalasHapus
  2. wah beneran tuh!!
    saya juga pasang widget Linky's magical wah tahu ga gimana caranya menghapus alamat link yang double...? masih newbie jadi ga ngerti..xixixi

    BalasHapus
  3. hmmm...gitu ya boss.
    semoga saya bisa lebih sabar nunggu nya.
    amin

    BalasHapus
  4. Bos,

    Komen bole boss?
    Kalo mass linking kaya di webnya si boss ini bagus buat organic traffic, tapi bukan ke PR.
    Kalo ke PR jangan pake reciprocal tapi pake 1-way-backlink dari website yg PRnya tinggi. Konon 1 link PR 9 lebih berarti dari 100 link PR 0. Trus, kalo bisa sih .. "nofollow"-nya ilangin aja .. pake "dofollow" pasti banyak PR tinggi yang mau ngelink deh ;)

    BalasHapus
  5. Thankyu Om.. Nih lagi berusaha ngelink..

    BalasHapus
  6. bosss... link anda Sudah di situs sayaBoss..!!!

    Thanks....!!!

    Pizzz^^\/

    BalasHapus